Back to homepage

Teknologi Informasi

FASILITAS TEKNOLOGI INFORMASI

Teknologi Informasi dan komunikasi terhadap dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran sangat penting. Menurut Rosenberg (2001), dengan berkembangnya penggunaan Teknologi informasi dan komunikasi ada lima pergeseran di dalam proses pembelajaran yaitu:

1. Pergeseran dari pelatihan ke penampilan,
2. Pergeseran dari ruang kelas ke di mana dan kapan saja,
3. Pergeseran dari kertas ke “on line” atau saluran,
4. Pergeseran fasilitasfisik ke fasilitas jaringan kerja,
5. Pergeseran dari waktu siklus ke waktu nyata.

Sebagai media pendidikan komunikasi dilakukan dengan menggunakan media-media komunikasi seperti telepon, komputer, internet, e-mail, dsb. Interaksi antara guru dan siswa tidak hanya dilakukan melalui hubungan tatap muka tetapi juga dilakukan dengan menggunakan media-media tersebut.

Demikian pula Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta, telah mengimplementasikan teknologi informasi untuk mendukung jalannya perkuliahan. Fasilitas yang telah dilaksanakan dan dalam pengembangan Divisi IT diantaranya :


Microsoft® Campus Agreement

Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta telah bekerjasama dengan Microsoft dalam penggunaan Sistem Operasi Windows dan Aplikasi Microsof Office berlisensi resmi dalam Microsoft Campus Agreement yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan unik dari institusi pendidikan tinggi serta memberikan manfaat untuk tetap memiliki teknologi paling update.

Fasilitas ini diberikan kepada seluruh sivitas akademika FKK UMJ, untuk penggunaanWindows 7, Windows 8, Windows 8.1, Windows Server 2012, Office Pro Plus 2013 pada seluruh perangkat komputer dan laptop guna menunjang jalannya perkuliahan. Dan untuk setiap mahasiswa baru program studi kedokteran diberikan fasilitas berupa satu unit laptop yang sudah terinstal Windows 7 Pro dan Office 2010 Pro untuk tahun ajaran 2013, sedangkan laptop dengan Microsof Windows 8.1 dan Microsoft Office Pro Plus 2013 untuk mahasiswa kedokteran tahun ajaran 2014. 

1. Free Hotspot WiFi


Di area gedung Fakultas Kedokteran dan Kesehatan telah dipasang access point diberbagai titik yang memungkinkan civitas akademik FKK UMJ dapat mengakses internet gratis (hak akses khusus sivitas akademika FKK UMJ) di lingkungan Fakultas Kedokteran dan Kesehatan UMJ sehingga mahasiswa dan dosen dapat mengakses website www.fkkumj.ac.id yang berisi informasi Fakultas, dan juga berbagai website lainnya sehingga dapat mencari artikel atau materi yang mendukung perkuliahan dengan cepat. Jaringan nirkabel yang dibangun dengan akses kecepatan tinggi.


2. Website Fakultas Kedokteran dan Kesehatan

Dibangunnya website berskala Fakultas bertujuan sebagai pusat informasi civitas akademik FKK UMJ agar dapat di akses kapan pun dan tetap uptodate serta sebagai fasilitas publikasi kepada pihak luar civitas akademik FKK UMJ web addres :http://www.fkkumj.ac.id


3. CCTV

Fasilitas CCTV juga telah diterapkan untuk memonitoring dan merecording segala aktivitas yang terjadi di lingkungan kampus untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban serta monitoring lokasi kampus.

4. E-Learning

elearning.fkkumj.ac.id

Fasilitas e-learning juga sedang dikembangkan untuk mendukung perkuliahan, seperti ujian online, kuliah online, download dan upload materi yang memungkinkan perkuliahan tidak terbatas ruang dan waktu.


5. Perpustakaan OnLine

Selain adanya perpustakaan yang lengkap di Fakultas Kedokteran dan Kesehatan juga terdapat Perpustakaan Online guna memudahkan encarian katalog, dan administrasi perpustakaan di FKK UMJ.


6. Video Conference

Fasilitas Video Conference dimanfaatkan untuk Seminar Jarak Jauh, Pertemuan, Rapat yang memang FKK UMJ terdapat beberapa lokasi lain, Video Conference juga dimanfaatkan untuk kegiatan perkuliahan "Kuliah ViCon" kuliah ini dimana dosen mengajar di kampus FKK UMJ lain dan di lokasi lainnya lagi dapat secara langsung mengikuti perkuliahan yang didalammnya terjadi komunikasi dua arah baik secara visual dan suara.

Ruang Kelas dilengkapi fasilitas video conference


7. Mail Server

FKK UMJ juga telah memiliki mail server sendiri untuk kemudahan komunikasi surat elektronik dengan email mail.fkkumj.ac.id


8. SMS GateWay

Fasilitas ini sementara baru dimanfaatkan untuk lingkungan Dosen dan Staff FKK UMJ, dalam waktu dekat jika dirasa perlu untuk kecepatan informasi maka akan difasilitasi untuk mahasiswa/i.


beberapa hal di atas merupakan gambaran singkat tentang fasilitas Teknologi Informasi yang diterapkan pada FKK UMJ yang kesemuanya bertujuan untuk mendukung jalannya Perkuliahan.